Tugas dan Fungsi PPID

Tugas Koordinator PPID

  1. Membantu PPID Kementerian dalam melaksanakan tugas layanan Informasi Publik;
  2. Melakukan pembinaan pelaksanaan pelayanan Informasi Publik PPID Kementerian;
  3. Melakukan pendampingan kepada PPID Kementerian dalam menetapkan Daftar Informasi Publik;
  4. Melakukan pendampingan pelaksanaan Pengujian Konsekuensi kepada PPID Kementerian dalam menetapkan Daftar Informasi Publik yang Dikecualikan;
  5. Memberikan persetujuan Daftar Informasi Publik yang Dikecualikan;
  6. Melakukan pengadministrasian penetapan Daftar Informasi Publik dan penetapan uji konsekuensi;
  7. Melakukan pendampingan dan memberikan pertimbangan kepada PPID Kementerian terhadap penyelesaian sengketa Informasi Publik yang diajukan oleh Pemohon Informasi Publik; dan
  8. Menyampaikan laporan pelayanan Informasi Publik tahunan kepada Atasan PPID Kementerian dengan tembusan Menteri.

Fungsi Koordinator PPID

  1. Pelaksanaan dan pengembangan tata kelola dan dokumentasi informasi publik;
  2. Penyusunan dan pemutakhiran daftar informasi publik;
  3. Pengujian konsekuensi dan penetapan informasi yang dikecualikan;
  4. Penyelesaian sengketa informasi publik;
  5. Penyusunan laporan semester dan tahunan pelaksanaan tata kelola dan dokumentasi informasi publik;
  6. Koordinasi dengan PPID Kementerian dalam pelaksanaan tata kelola dan dokumentasi informasi publik; dan
  7. Pembinaan, pengawasan, dan evaluasi pelaksanaan tata kelola dan dokumentasi informasi publik.